Kumpulan Web Profile Dari Waktu Ke Waktu

Haruskah punya web profile canggih dengan berbagai fitur?

Syofyan Zuhad
3 min readNov 14, 2022
web profile

Web profile adalah website yang berisi informasi tentang diri kita. Tujuan dibuatnya web profile bisa bermacam-macam, salah satunya agar meningkatkan personal branding kita untuk bisa mendapatkan pekerjaan, memperoleh kepercayaan klien, dsb.

Kenapa web profile? Kenapa bukan bio link? Atau sekalian CV saja?

Bio Link

Bio Link adalah sebuah halaman website yang hanya berisi beberapa list link yang bisa kita bagikan dalam satu halaman. Dinamakan bio-link karena url dari website ini biasa diletakkan pada kolom bio di sosial media.

Contohnya seperti ini:

Yang bisa kalian lihat isinya disini:

Atau disini:

Adapun Curriculum vitae atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang memberikan gambaran mengenai pengalaman sesorang dan kualifikasi lainnya.
sumber

OK. Kalo gitu, apa itu Web Profile?

Website pribadi atau personal web adalah jenis web yang dimiliki oleh seorang individu, walaupun berupa website pribadi tetapi tidak melulu kontennya berisi hal yang bersifat pribadi dari pemilik website tersebut.
sumber

Berikut adalah kumpulan web personal yang pernah saya buat dari waktu ke waktu.

  1. Vanilla (HTML, CSS, Javascript)

Website ini dibuat sekitar tahun 2019 pada awal-awal saya belajar tentang pemrograman. Dibuat hanya dengan menggunakan HTML, CSS, dan Javascript murni. (Tanpa framework apapun)

Langsung cek disini:

Yah dengan teknologi dan skill yang seadanya, sudah diusahakan semaksimal mungkin sehingga performa nya seperti screenshot di atas. Meskipun masih jauh dari kata bagus, tapi ini tetap bagian dari proses. 😅

Kalo di bawah ini adalah website yang sama, hanya berbeda di domain namenya saja.

2. Rewrite with Nuxtjs

Masih dengan desain sebelumnya, hanya dibuat ulang dengan menggunakan framework Javascript NuxtJs. Tentunya dengan performa yang jauh dari sebelumnya. Karena keterbatasan waktu (alesan, sebenernya mah males aj wkwk) sampai tulisan ini dibuat, web ini masih belum selesai 😅.

Bisa diliat di link dibawah ini:

3. Professional Personal Website (NextJs)

Dan website terakhir ini yang cukup keren dari sebelum-sebelumnya. Desainnya juga minimalis (gk neko2). Halaman yang ada juga sudah berisi informasi lengkap. Dari segi performa, tidak usah diragukan lagi. Performa dari framework Nextjs dengan teknologi SSR (Server Side Rendering) yang menjadikan loading web ini sangat cepat di sisi client.

Langsung saja bisa dilihat dibawah ini:

Jadi segitu aja dulu, dari beberapa website diatas, mana yang kira-kira menurutmu paling bagus?

Sekian.

Semoga Bermanfaat.

--

--