2 Darimana kita harus memulai testing Laravel?

Titik awal memulai testing di Laravel

Syofyan Zuhad
1 min readJan 31, 2022

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh…

Pertama, HTTP Tests sudah menjawab separuh dari pertanyaan “Darimana kita mulai melakukan testing”.

Selanjutnya untuk langkah kecil dan bertahap, Anda harus mulai dengan menulis HTTP Tests yang mengirimkan request yang mengembalikan response sederhana.

Saya tahu bagi orang-orang yang telah menulis tes ini mungkin tampak konyol. Kurang lebihnya seperti itu. Tetapi arti dari tes ini bukan dalam cakupan yang diberikannya, tetapi momentum yang diberikannya.

Jika Anda mencoba menguji bagian paling kompleks dari aplikasi Anda terlebih dahulu, Anda tidak akan memiliki momentum untuk melakukannya. Dan Anda akan menyerah pada pengujian.

Saya tidak ingin itu terjadi. Pengujian bagi saya adalah satu-satunya peningkatan terbesar yang saya buat sebagai developer. Saya akui saya tidak menguji semua hal. Saya tidak mencari cakupan kode 100%. Tujuan utama saya saat melakukan testing adalah merasa yakin aplikasi saya berjalan dengan benar.

Dari series Laravel Testing

--

--